Produk Unggulan Desa

PERKEBUNAN KARET MERUPAKAN SUMBER UTAMA PENGHASILAN MASYARAKAT DESA PAGAR GUNUNG LUBAI

Tanggal : 01 Jun 2018 Desa PAGAR GUNUNG Kabupaten KABUPATEN MUARA ENIM

Perkebunan karet salah satu sumber penghasilan masyarakat Desa Pagar Gunung Lubai, hasil dari perkebunan karet di jual oleh masyarakat desa pada hari minggu sore dan senin pagi pada saat pasar desa / kalangan  untuk hasil karet keseluruhan  dalam satu minggu sekitar 60 - 80 Ton / minggu dengan kisaran harga di minggu - Minggu terahir ini 7600 - 800 /kg. sedangan untuk definisi perkebunan Karet (Hevea brasiliensis) adalah tanaman perkebunan/industri tahuanan berupa pohon batang lurus yang pertama kali ditemukan di Brazil dan mulai dibudidayakan pada tahun 1601. Di Indonesia, Malaysia dan Singapura tanaman karet dicoba dibudidayakan pada tahun 1876 oleh…

KARET UNGGULAN

Tanggal : 29 May 2018 DESA PADANG BINDU KABUPATEN MUARA ENIM

karet merupakan sumber penghasilan utama masyarakat desa padang bindu. maka dari itu petani desa padang bindu banyak yang bertani menanam karet. Alasan masyarakat menanam karet karena bibitnya mudah didapat dan hemat akan lahan tanah serta mudah didalam perawatan. selain itu juga karet dapat menyerap air dan mengurangi kebanjiran serta mudah didalam penjualan. kelemahan karet didesa padang bindu ketika musim gugur daun hal tersebut mengurangi pendapatan masyarakat karena getah yang di dapatkan jauh berkurang.

PEMBUATAN TEMPE ALAMI

Tanggal : 29 May 2018 DESA PADANG BINDU KABUPATEN MUARA ENIM

Salah satu usaha yang dikelola oleh masyarakat desa Padang Binduapatkan ole yaitu tempe.Tempe terbuat dari kacang kedelai yang kedelainya sebagian langsung oleh kebun masyarakat desa padang bindu sendiri.Alasan Masyarakat desa Padang Bindu selain bahan nya mudah didapat tempe juga banyak digemari masyarakat dari semua kalangan umur dari anak anak sampaai dengan orang tua. selain itu juga tempe bisa ditemukan diwarung kecil maupun menenga. tempe mempunyai fungsi yang sangat kuat untuk kesehatan tubuh dan mempunyai banyak kandungan vitamin, selain itu juga tempe bisa dijadikan lauk pauk dan bisa dijadikan bermacam-macam cemilan seperti: gorengan, keripik tempe krispi, krupuk dll.    

Sistem Informasi Desa